Sabtu, 30 April 2011

♥♥ ANAKMU BUKAN MILIKMU ♥♥

Seorang ibu dengan bayi dalam dekapan,
datang mengajukan sebuah pertanyaan :
Tuturkanlah pada kami tentang hakekat keturunan.

Maka sang nabi pun menjawab,
Anakmu bukan milikmu
Mereka putra - bidadari Tuhan
yang kangen pada diri sendiri

Mereka lahir lewat dirimu,
Akan tetapi tidak darimu
Mereka ada padamu
Tapi bukan hakmu

Curahkan pada mereka kasih sayangmu
Tapi hendaknya jangan dokrinkan bentuk pikiranmu
Sebab pada diri mereka ada semesta pikiran tersendiri

Patut kau berikan rumah untuk raganya.
Tapi tidak untuk jiwa dan pikirannya
Sebab jiwa dan pikiran mereka ialah penghuni masa depan
Yang tidak dapat kau kunjungi
Sekalipun dalam impian

Engkau boleh ingin menyerupai mereka
Akan tetapi hendaknya jangan membuat mereka menyerupaimu
Sebab roda kehidupan tak pernah berjalan mundur
Dan tak ada yang akan tinggal bersama hari kemaren

Engkaulah busur, dan anak-anakmu adalah
anak panah yang meluncur
Mata sang Pemanah maha tahu segala sasaran bidik
Dia hanya merentangmu dengan kekuasaan_NYA
Hingga anak panah itu melesat jauh serta cepat

Meluncurlah dengan suka cita
Dalam rentangan tangan Sang Pemanah
Sebab ia mengasihi anak panah yang melesat ibarat kilat
Sebagaimana pula dikasihi_NYA busur yang lentur yang kuat
[ Kahlil Gibran ]


Lalu bagaimanakah peran kita sebagai orang tua ....
Kita hanyalah wajib untuk mendidik mereka, mengarahkan mereka
Tapi bukan untuk mendokrin dan memaksa kehendak pada mereka
Karena mereka mempunyai kehidupannya sendiri
Memberikan contoh yang baik, mengingatkan ketika salah,
Agar kelak mereka tidak salah dalam melangkah
Sebab bagaimanapun sebagai orang tua kitalah yang akan diminta pertanggung
jawaban kelak.


------------------------------


Jika anak dibesarkan dengan celaan
Ia belajar memaki

Jika anak dibesarkan dengan permusuhan
Ia belajar berkelahi

Jika anak dibesarkan dengan cemoohan
Ia belajar rendah diri

Jika anak dibesarkan dengan pujian
Ia belajar menghargai

Jika anak dibesarkan dengan sebaik-baik perlakuan
Ia belajar keadilan

Jika anak dibesarkan dengan rasa aman
Ia belajar menaruh kepercayaan

Jika anak dibesarkan dengan dukungan
Ia belajar menyenangi dirinya

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan
Ia belajar menemukan cinta dalam kehidupannya
[ Dorothy law nolte ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
@ Tuhan, Saat aku meyukai seorang teman, Ingatkanlah aku bahwa akan ada sebuah akhir, Sehingga aku akan tetap bersama Yang Tak Pernah Berakhir. @ Tuhan, Ketika aku merindukan kekasih, Rindukanlah aku kepada yang rindu kepada cinta sejati-MU, Agar kerinduanku kepada-MU semakin menjadi. @ Tuhan, Jika aku hendak mencinta seseorang, Temukanlah aku dengan orang yang mencintai-MU, Agar bertambah kuat cintaku pada-MU. @ Tuhan, Ketika aku sedang jatuh cinta, Jagalah cinta itu, Agar tidak melebihi cintaku pada-MU. @ Tuhan, Ketika aku berucap aku cinta padamu, Biarlah kuakatakan kepada yang hatinya tertaut pada-MU, Agar aku tak jatuh dalam cinta yang bukan karena-MU.